Categories
Technology

Khawatir Pakai Zoom? Ini Dia Aplikasi Meeting Online Alternatif

Aplikasi telekonferensi Zoom yang menjadi salah satu aplikasi pilihan konferensi jarak jauh. Popularitas Zoom melesat sejak berbagai negara di dunia memberlakukan pembatasan, akibat pandemi virus corona.

Termasuk di Indonesia, Zoom menjadi alternatif karyawan bekerja dari rumah, dengan menggelar meeting/rapat online. Namun, Zoom dilanda isu keamanan, karena belakangan diketahui aplikasi tersebut tidak memiliki enkripsi end-to-end.

Hal tersebut memungkinkan pesan atau informasi yang disampaikan lewat Zoom berpotensi dicuri atau disadap oleh peretas. Sejumlah institusi pun mulai membatasi penggunaan Zoom ini.

Lantas, selain Zoom, aplikasi apa lagi yang bisa dipakai untuk melakukan meeting online atau telekonferensi, selama masa work from home (bekerja dari rumah)?

1 Whatsapp

Selain bisa digunakan untuk chatting, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk rapat kerja atau berdiskusi jarak jauh.

Anda bisa menggunakan fitur video call ini dengan kapasitas maksimal 4 orang. WhatsApp bisa diunduh di Google Play Store (Android) lewat tautan berikut ini, atau di App Store (iOS) lewat tautan berikut ini.

2 Google Meet

Aplikasi percakapan online milik Google ini mampu melakukan panggilan video dengan 250 pengguna sekaligus dalam sekali panggilan video.

Aplikasi ini juga dibekali dengan beberapa fitur Google, seperti dapat menampilkan caption secara otomatis dengan teknologi text-to-speec, dan jadwal meeting yang terintegrasi dengan Google Calendar.

Apabila ingin mengundang orang lain bergabung diluar anggota video, penyelenggara percakapan video cukup membagikan meeting code ke orang lain dan orang tersebut dapat masuk dalam meeting dengan memasukkan meeting code yang telah diberikan.

Google Meet versi Android dapat diunduh melalui tautan berikut. Sementara untuk versi iOS bisa diunduh melalui tautan berikut ini. Pengguna juga bisa menggunakan aplikasi Hangouts Meet melalui situs website di tautan berikut.

3 Skype

Skype adalah aplikasi milik Microsoft yang dapat menampung 25 orang untuk bertatap muka secara online dalam satu kali panggilan.

Skype dapat diakses melalui beragam perangkat, termasuk komputer (PC atau laptop), smartphone, hingga televisi yang memiliki fasilitas pendukung.

Selain dapat melakukan panggilan video jarak jauh, Skype juga menyediakan media percakapan berbasis teks secara individu maupun grup. Skype juga mendukung layanan panggilan suara berbayar ke nomor ponsel maupun telepon rumah.

Jika Anda ingin mencoba Skype, Anda dapat mengunduhnya melalui tautan berikut.

4 Facetime

Aplikasi Facetime adalah produk Apple yang hanya dapat digunakan di semua produk apple seperti iPhone, iPand, dan Pod Touch. Facetime diklaim mampu menampung hingga 32 orang dalam satu panggilan video.

Aplikasi ini dapat menggunakan kamera depan maupun kamera belakang untuk memperlihatkan suatu objek yang keapada para peserta dalam grup panggilan video tersebut.

Bagi Anda yang memiliki perangkat Apple, Anda dapat mengunduhnya melalui tautan berikut.

5 Slack

Adalah aplikasi percakapan berbasis grup yang bisa digunakan untuk berkomunikasi. Biasanya aplikasi ini digunakan oleh sebuah grup perusahaan atau sebuah tim.

Aplikasi ini bisa digunakan untuk berbagi dokumen dan panggilan video hingga 15 orang dalam sekali panggilan.

Slack versi Android dapat diunduh melalui tautan berikut. Sementara untuk versi iOS bisa diunduh melalui tautan ini.

6 Cisco Webex

Aplikasi ini mungkin tampak asing Anda dengar, namun aplikasi ini seringkali digunakan oleh sejumlah perusahaan besar yang masuk dalam daftar Fortune 500.

Aplikasi berbasis panggilan video ini memiliki jumlah maksimal peserta panggilan hingga 100 orang. Namun jumlah tersebut bervariasi tergantung paket langganan apa yang digunakan.

Fitur di aplikasi Cisco Webex mencakup screen sharing, dukungan Google Assistant dan Google Home Hub, fitur papan virtual untuk menggambar, fitur pengunggah dokumen, hingga fitur untuk merekam percakapan video.

Pengguna Android bisa mengunduh Cisco Webex bisa di halaman berikut, sementara pengguna iOS bisa mendapatkannya di tautan berikut.

Yuk cek keamanan akunmu sekarang. Jangan lupa ganti password kamu ya, dan jangan menghubungkan akun-akun belanja online kamu dengan account bank atau kartu kredit kamu. Semoga artikel ini bermanfaat ya, dan jangan lupa kalo kamu butuh produk IT dan lainnya, beli di Erakomp.co.id aja!

dikutip dari kompas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *